Thursday, May 15, 2008

Topik 80: Jawaban Pertanyaan

Bismillahirrahim.

Wah, tumben pagi ini saya terima Email di mailbox saya. Ada yang nulis di bagian Comments (dibawah) bertanya, pada posting terakhir 1 bulan yang lalu. Memang sudah agak lama saya tidak menulis di Blog ini. Tetapi karena ada pertanyaan, saya sempatkan menuliskan jawabannya.

Yang ditanyakan:
Apa fungsi wazan تفاعل - tafaa 'ala
Apa fungsi wazan استفعل - istaf 'ala
Dan apa beda keduanya.

Oke deh. Rasanya sudah pernah saya bahas, di topik-topik yang lalu ya.

1. Apa fungsi wazan تفاعل - tafaa 'ala

Secara teoritis nahwu, fungsi wazan tafaa 'ala: menunjukkan pekerjaan itu terjadi antara 2 belah pihak (makna saling).

Contoh:
تحاصم الكفار - tahaa-shoma al-kuffaaru : orang-orang kafir itu saling bermusuhan

Atau contoh di AQ: Surat An-naba'
عم يتساءلون - 'amma ya-tasaa-aluun : tentang apakah mereka saling bertanya?

Akan tetapi dalam beberapa hal, wazan ini juga berfungsi untuk:

a. Menunjukkan pengertian pura-pura. Contoh:
تمارض الكسلان - tamaaradha al-kaslaanu : orang malas itu pura-pura sakit

b. Menunjukkan pekerjaan yang terjadi berangsur-angsur. Contoh:
توارد الزائرون - tawaarada adz-dzaa-i-ruuna : para pengunjung itu berangsur-angsur datang.

c. Menunjukkan pengertian aslinya. Contoh:
تعالى الله - ta-'aa-lallahu : Allah ta-'aalaa. Kata ta-'aala disini sama maksudnya dengan 'alaa (Maha Tinggi).

d. Menunjukkan akibat dari suatu perbuatan. Contoh:
باعدت خالدا فتباعد - baa-'ad-tu Khoolidan fa tabaa-'a-da : aku menjauh dari Kholid, maka dia(pun) menjauh.

Oke sekarang pertanyaan ke 2.

2. Apa fungsi wazan استفعل - istaf 'ala

Secara teoritis nahwu, fungsi wazan istaf 'ala: menunjukkan pekerjaan yang meminta sesuatu ke pihak lain.

Contoh:
استغفرت لله - istaghfartu lillahi : Aku minta-ampun kepada Allah

Akan tetapi dalam beberapa hal, wazan ini juga berfungsi untuk:

Memiliki sifat atau menganggap. Contoh:

هو استحل الحرام - huwa istahalla alharaama : dia mengganggap halal (sesuatu yang) haram itu.

Dan beberapa fungsi lainnya. Sementara kita cukupkan sampai disini dulu, pembahasannya.

6 comments:

Anonymous said...

Pak Rafdian, kira-kira buku pelajaran bahasa arab apa yang Bapak direkomendasikan untuk mempermudah bagi yang belajar bahasa arab yang masih pemula, soalnya untuk mencari beberapa pengertian wajan tafaa'ala saja, tidak semua buku menjelaskannya, dan dimana untuk mendapatkannya. Trims.

Anonymous said...

khusus untuk tashrif, saya pakai buku M. Abubakar, judulnya Tashrif Praktis.

President said...

I wish i could join in but saya masih lagi dalam tahap topik 10. long more to go.

Anonymous said...

tetap semangat Mr. President :)

Anonymous said...

Mari belajar bahasa Quran!
jazakallahu khairan katsira

Harian Putri said...

Beri 5 contoh dari ayat al qur'an dengan wazan تفعل yang berarti مشاركه

Topik Sebelumnya

Penting:
Silahkan memperbanyak atau menyebarkan materi-materi dalam situs ini tanpa ijin apapun dari penulis.

Visitors/Hits