Para pembaca yang dirahmati Allah SWT. Waktu pertama belajar kaana كان di hampir semua buku bahasa Arab menjelaskan dengan contoh kalimat sempurna (ada mubtada dan khobar), dan efeknya setelah dimasuki kaana.
Rata-rata diberi contoh seperti ini:
زيدٌ جميلٌ – Zaidun jamilun : Zaid ganteng
dan jika kemasukan kaana menjadi:
كان زيدٌ جميلاً – kaana Zaidun jamiilan: (dulu) Zaid ganteng : Zaid was handsome
Nah, contoh diatas tidaklah sukar untuk dilihat dan dipelajari polanya bukan?
Ada sedikit soal yang muncul. Waktu saya membaca Al-Qur’an terkadang yang muncul adalah kasus yang beda lagi. Ambil contoh, waktu kita mencoba membaca surat 2 ayat 10:
فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ
Dalam hati mereka ada penyakit, maka Allah menambahkan penyakit (tsb) dan bagi mereka adzab yang pedih disebabkan apa-apa (yang selama ini) mereka dustakan.
Perhatihakan kalimat terakhirnya:
بما كانوا يكذبون – bimaa kaanuu yakdzibuuna
Perhatikan karena kalimat diatas adalah untuk orang-3 laki-laki jamak, maka dipakai كانوا – kaanuu. Coba kita ganti menjadi orang-3 laki-laki tunggal, maka kalimatnya menjadi:
بما كان يكذبُ – bimaa kaana yakdzibu
Nah disini saya bingung. Kenapa?
Dalam buku-buku selalu diberi contoh setelah kaana selalu kata benda (isim), kok di Al-Quran, banyak kalimat setelah kaana itu kata kerja (fi’il).
Nah berikut penjelasannya.
Kalau saya berkata begini:
He studies Al-Quran – Dia belajar Al-Quran
Dalam bahasa Arab :
هو يتعلم القراّن - huwa yata-‘allamu al-qur-aana
Kalau saya berkata:
He used to study Al-Quran : Dia (dulu) biasa belajar Al-Quran
كان يتعلم القواّن – kaana yata-‘allamu al-qur-aana
Nah bagaimana analisis mubtada khobarnya?
Begini mas dan mbak… Masih ingat kan bahwa tugas kaana adalah merafa’kan mubtada menashobkan khobar?
Oke, sekarang kita lihat kalimat diatas:
هو يتعلم القراّن - huwa yata-‘allamu al-qur-aana
Mubtada’ nya : huwa
Khobarnya: yata-’allamu al-qur-aana
Perhatikan khobarnya disini adalah sebuah kalimat sempurna yang diawali dengan kata kerja sehingga sering disebut jumlah fi’liyyah.
Nah kalau khobarnya jumlah, maka pemasukan kaana kedalam susunan mubtada dan khobar dalam kalimat diatas, mengakibatkan khobarnya tidak kena efek apa-apa.
Oke coba kita masukkan kaaana:
كان هو يتعلم القراّن - kaana huwa yata-‘allamu al-qur-aana
Karena setelah kata kerja tidak boleh ada dhomir (kata ganti) pelaku, maka huwa dibuang, sehingga menjadi
كان يتعلم القراّن - kaana yata-‘allamu al-qur-aana : He used to study Al-Qura’an
<
Dari contoh ini jelaslah bagi kita bahwa, kalau setelah kaana itu ada kata kerja, maka sebenarnya kata kerja itu adalah khobar dalam bentuk fi’il, atau jumlah fi’liyyah.
Lalu apa fungsi Kaana terhadap fi’il tersebut?
Oke menariknya disini.
Kita sudah tahu bahwa dalam bahasa Arab, tenses hanya dibagi 2 saja, yaitu:
- Imperfect Tense (pekerjaan yang masih berlangsung / belum selesai)
- Perfect Tense (pekerjaan yang sudah selesai)
Contohnya:
هو كتب كتابه – huwa kataba kitaabahu : dia (telah selesai) menulis bukunya.
هو يكتب كتابه – huwa yaktubu kitaabahu : dia (sedang) menulis bukunya.
Nah dalam bahasa Inggris kita tahu, jumlah tenses banyak kan? Ada present perfect, ada past perfect dsb. Nah sebenarnya kaana dan yakuunu dapat berfungsi untuk memberi efek waktu terhadap suatu perkerjaan yang mirip-mirip dengan bahasa Inggris.
Contohnya jika saya masukkan kaana.
كان كتب كتابه – kaana kataba kitaabahu : He had written his book
كان يكتب كتابه – kaana yaktubu kitaabahu: He had been writing his book
سيكون كتب كتابه – sayakuunu kataba kitaabahu: He will have written his book
سيكون يكتب كتابه – sayakuunu yaktubu kitaabahu: He will be writing his book
Walau dalam beberapa konteks tidak bisa disamakan persis, tetapi kira-kira kaana bisa difungsikan untuk memberi efek waktu ”had” atau ”will” kepada sebuah kata kerja.
Demikian telah kita bahas fungsi lain dari kaana. Semoga Anda yang biasa belajar tenses bahasa Inggris, juga mengerti bahwa dalam bahasa Arab, bisa juga dibentuk hal yang mirip dengan tenses bahasa Inggris (walau tidak ”pas” 100%).
Allahu a’lam bishshowwaab.
14 comments:
Assalamualaikum..boleh tak ustaz tolong semakkan bahasa arab ana?
1. wa da an = selamat tinggal
2. ana jau anu = saya lapar
3. ari du an ad haba = saya hendak pergi
Syukran Jazilan
Pak, mungkin bisa spt ini:
selamat tinggal = ma'as salaamah
saya lapar = ana jaa-'i
saya hendak pergi = uriidu an adzhaba
salam
Tambahan:
kalau mau pakai fa'il dari jaa'a, maka failnya jaa-i-'un.
Ana jaa-i-'un
Tapi kalau mashdar: jau-'a-n
Ana jau'an.
Dan kalau pakai fi'il, merasa lapar:
Ana asy-'aru bil-juu'
assalamualaikum.saya akan menulis skripsi yang judulnya tentang analisis tenses bahasa arab dan bahasa inggris melalui teori kontrastif,dan spesifikasinya ke fi'il mudhore dan simple presentense.yang ingin saya ketahui lbih jelas apasajakah tenses bahasa arab( fi'il mudhore)itu?karena yang saya tahu tenses bahsa arab hanya ada 2.terimakasih
Wa'alaykum salam wr. wb. Wah Anda menulis skripsi yang cukup menantang. Memang di bhs Arab, tenses hanya dua. Akan tetapi dengan pemakaian kaana, yakuunu, beberapa varian tenses dapat didekatkan ke tenses yang ada dalam bahasa Inggris. Khusus penggunaan kaana ini saya cari-cari materinya dari internet, sudah lupa URLnya. Seingat saya, sepertinya materi tsb ditulis oleh orang arab yang bisa berbahasa inggris, lalu melakukan perbandingan ke bahasa arab. Saran saya, coba cari-cari di internet mengenai perbandingan tenses bhs inggris dan arab. Jangan lupa verifikasi bahan yang anda dapatkan ke native speaker arab, Anda bisa cari-cari teman Chatting orang arab yg bisa berbahasa inggris. Semoga sukses.
assalamualaikum ...
saya pernah membaca blog yang bapak tulis sebelumnya entah berap bulan yang lalu , tapi kemudian link itu hilang dari ingatan ..alhmadulillah saya mendapatkan lagi link ini .. afwan jiddan ana wanna be u in ur ability in networking, english and arabic..
saya mahasiswa jaringan dan tertarik akan jaringan english dan arabic. mohon bimbinganya .. sepertinya i found the right teacher :) .. hoping good thing will happend :)
best regards : aarandy.blogspot.com ( afwan promosi)
alaykumussalam wr.wb.
Silahkah saja Pak Randy, kalau ada pertanyaan sama2 kita bahas disini. Saya sebenernya juga masih dalam taraf belajar bahasa Al-Quran ini. Mudah2an bisa saling isi.
Saya belajar Bahasa Arab dari kitab.
Anda mengartikan 'Yata'allamuna' dgn '(dulu) mereka belajar'.
bentuk 'yata'allamuna' adalah Fi'il Mudlari'. dimana fi'il ini hanya bisa digunakan untuk saat ini dan saat yg akan datang. sedangkan untuk masa lampaunya adalah fi'il madli yaitu 'Ta'allamuna: mereka telah belajar'.
Dalam Bahasa Arab zaman ada 3: Madli, Khal dan Mustaqbal - Dloroba, Yadlribu, dan Yadlribu. (khal dan mustaqbal bentuknya sama)
Terima kasih kepada Pak Ghufron.
Setuju Pak, bahwa yata'allamu maksudnya (Dia) sedang belajar.
Tapi bagaimana dalam case ini:
kaana yata'allamu
apakah: (Dia) itu belajarnya sekarang?
Mohon pencerahannya
assalamualaikum..
pak.. saya mau tanya.
apakah ada lafadh كائن didalam alqur'an?
kalau ada, tolong berikan misalnya beserta surat dan ayatnya..
syukron..!!
Mas Iweng,
Setahu saya tidak ada kata كائن dalam AQ
kalau كأن muncul 721x
http://www.searchtruth.net/search.php?keyword=%D9%83%D8%A3%D9%86&chapter=&translator=1&search=1&start=0&records_display=10&search_word=all
Assalamualaikum ustaz tolong dong buatin kalimat dari kata Qoro a dan yafro u
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, mas Rafdian Rasyid
Alhamdulillah, ana selalu mengikuti materi ini mulai dari topik 1
materi yang sangat bermanfaat dan mudah untuk dipahami dalam penyampaiannya
Mohon izin copas dan share di grup whatsapp saya, semoga menjadi ladang amalan bagi kita semua, aamiin ya Robbal'alamiin.
Jazakallahu khair
Post a Comment